Climate Change : Its Time to Act

Isu Pemanasan global mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Berbagai media massa telah memberitakan dan menyebarluaskan berita ini hingga ke berbagai pelosok dunia. Lalu setelah kita tahu tentang dampak mengenai adanya pemanasan global, apa tindakan kita selanjutnya ?. Berbagai penelitian sudah dilakukan untuk mengetahui dampak dari Pemanasan Global. Contohnya saja Lembaga Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) yang menyimpulkan bahwa suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. IPCC menyatakan sebagian besar peningkatan temperatur rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8.
Para pemerintah di segala penjuru dunia telah melakukan berbagai tindakan preventif untuk setidaknya mengurangi dampak pemanasan global. Gerakan gerakan yg diambil sebagian besar menganjurkan manusia agar kembali ke alam atau yg lebih kita kenal dgn "back to nature".

Lalu bagaimana dgn pemerintah Indonesia ?. Disaat suhu bumi semakin meningkat, perhatian dan pemahaman sebagian besar masyarakat Indonesia, sebagai salah satu Negara korban dan penyumbang bagi pemanasan global tampaknya masih hangat-hangat kuku. Padahal jika tidak segera menyusun strategi adaptasi nasional dan pengurangan emisi, berbagai sektor kehidupan di Indonesia semakin terancam keberlangsungan hidupnya. Memang Konferensi perubahan iklim telah diselenggarakan di Bali pada 3-14 Desember 2007 lalu, tapi apakah hal tersebut menjadi semangat kita untuk ikut serta dalam gerakan pencegahan dampak pemanasan global dunia. Setidaknya pemerintah Indonesia mulai membenahi kebijakannya tentang lingkungan, agar efek dari Konferensi yang di adakan di Bali tersebut dapat dirasakan oleh rakyat Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar Anda !