A.R.Rahman, Mozart from Madras

A.R.Rahman. Nama ini begitu populer akhir akhir ini setelah "Slumdog Millionaire" meraih 8 penghargaan Academy Awards 2009 lalu, termasuk 2 penghargaan untuk composer terbaik. Namun bagi para penggemar musik India rasa rasanya nama ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena musik mahakaryanya telah menghiasi berbagai film Bollywood maupun Tollywood ( Industri Perfilman Tamil ( Selatan India ).
Nama aslinya " Allah Rakha Rahman". Ia lahir pada 6 Januari 1966 di Chenai, Tamil Nandu , India. Ia merupak komposer film , produser, musisi dan penyanyi. Karirnya di jagad perfilman India dimulai pada awal tahun 1990-an. Seperti pepatah Buah jatuh tak Jauh dari pohonnya, kemahiran A.R.Rahman menciptakan musik tak jauh beda dari ayahnya yang juga seorang komposer untuk Industri Film Malayalam "R.K. Sekhar". Namun naas di usia yang muda , Ayah A.R.Rahman pergi meninggalkannya untuk selama-lamanya. Ia kemudian di besarkan oleh ibunya "Kareema". Usaha yang selama ini digeluti ayahnya kemudian diteruskan oleh A.R.Rahman. A.R.Rahman sendiri merupakan pemain keyboard yang handal. Ia juga mendirikan sebuah band bersama teman teman semasa kecilnya. Sampai akhirnya kemahirannya itu mengantarkan beliau untuk mendapatkan beasiswa "Trinity College of Music".

Di tahun 1992, A.R.Rahman mendirikan studionya sendiri di belakang halaman rumahnya yang bernama "Panchathan Record Inn", yang ternyata sekarang menjadi Studio musik paling bergengsi di India. :D . Selanjutnya A.R.Rahman kemudian menjadi komposer untuk berbagai jenis film pendek, iklan televisi, film dokumenter yang akhirnya menjadikan ia dipilih untuk menjadi composer untuk film Tamil " Roja " yang disutradarai " Mani Ratnam ". Debut A.R.Rahman di blantika perfilman India ternyata membuahkan hasil yang membanggakan. Beliau menerima penghargaan " Rajat Kamal Awards " yang di berikan oleh " National Films Awards " sebagai komposer film terbaik. Bahkan Original Movie Soundtracks dari film " Roja " telah dinyatakan majalah " TIME " sebagai Sepuluh Lagu Soundtrack Film Terbaik Sepanjang Masa. Benar - benar mengejutkan.

Selain di Industri Perfilman India, A.R.Rahman juga membuat lagu nasional " Vande Mataram " pada Hari Kemerdekaan India ke 50. Hingga saat ini A.R.Rahman telah menjadi komposer untuk berbagai film, tak hanya Industri perfilman India namun juga Industri perfilman Hollywood maupun Industri Film Mandarin.

" Jai Ho " , lagu yang satu ini merupakan lagu terbaik di Ajang Golden Globe dan Academy Awards 2009 kemarin. Selain itu lagu ini juga ada versi remixnya yang dinyanyikan oleh Pussycat Dolls. Penasaran ingin mendengar, ataupun ingin melihat Videonya, download lagunya dibawah ini.