Gaya Hidup Vegetarian Untuk Manusia Dan Bumi



Global warming? Tentunya bukan isu yang hangat lagi untuk dibicarakan. Juga sudah kita ketahui bahwa pemanasan glabal mempengaruhi perubahan iklim, kerusakan ekosistem, meningkatnya penyakit dan lain-lain. Ada hujan di bulan Juni, rentang kejadian penyakit demam berdarah yang semakin panjang, itu juga sudah kita rasakan. Tapi makin banyak yang menulis, tentunya akan makin membaca dan makin banyak yang aware kan? Upaya-upaya yang ditempuh pemerintah mulai dari meratifikasi Protokol Kyoto sampe dengan penghijauan dimana-mana juga sudah kita kritisi. Tip-tips memperkenalkan gaya hidup ramah lingkungan yang kita kenal dengan lets go green mungkin juga telah kita jalani.

Tapi ada satu gaya hidup yang jarang kita singgung untuk bisa berkontribusi untuk menurunkan pemanasan global yaitu menjadi vegetarian atau dikenal jugan dengan istilah vegan. Tahukah anda? Menurut PBB sampah emisi dari binatang yang timbul akibat dari makanan menyumbang lebih banyak pemanasan global daripada emisi dari mobil. Karbondioksida (CO2) yang merupakan emisi terbesar disamping methana (CH4) dan NO2 (Dinitrioksida) banyak dihasilkan dari proses produksi makanan dari hewan mulai dari penyediaan pakan ternak sampai dengan pengolahan daging yang siap kita makan. Industri peternakan juga menghasilkan gas methana yang berasal dari sampah dan kotoran ternak. Padahal methana 21 kali lebih powerful untuk berkontribusi pada efek rumah kaca dibandingkan CO2.

Menurut Eshel dan Martin dari Universitas Chicago, tipe diet masyarakat Amerika yang 28% besumber dari produk hewan, mnimbulkan emisi CO2 per orang per tahun 1,5 ton lebih banyak daripada diet seorang vegetarian. Dengan menjadi seorang vegetarian anda dapat menghemat sumber alam sebagai berikut :

1. 8000 gallons air

2. ¼ are tanah

3. ¼ ton erosi tanah

4. ½ ton polusi oleh ternak

5. CO2 yang equivalen dengan 270 pons gas rumah kaca

6. Energi yang equivalen dengan 7 gallons gasolin dan 270 pons tanaman pangan

Bagaimana? Ada yang tertarik menjadikan vegetarian sebagai gaya hidup? Sebenarnya selain untuk berkontribusi mengurangi pemanasan global ada beberapa alasan yang bagus untuk mempertimbangkan vegetarian sebagai gaya hidup yaitu :

1. Menghindari lemak untuk alasan kesehatan

Meskipun daging mengandung protein, tetapi juga mengandung lemak jenuh yang meningkatkan resiko kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa seorang vegetarian cenderung mempunyai resiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, kanker yang lebih rendah dinading non vegan

2. Membantu menurunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa seorang vegetarian cenderung lebih langsing daripada yang bukan. Jadi jika anda sedang berusaha menurunkan berat badan maka menjadi vegetarian adalah alternatif yang patut anda pertimbangkan.

3. Mengurangi racun makanan

Keracunan makanan diderita ribuan orang tiap tahunnya dan ini berkaitan dengan daging yang menjadi tempat berkembang biak bakteri, khususnya karena penyimpanan dan pengolahan yang kurang baik.

4. Mengurangi penderitaan hewan

Mungkin anda tidak pernah melihat penderitaan hewan ternak, apalagi yang akan disembelih demi makanan kita. Cobalah melihat kandang peternakan ayam, akan anda lihat sekat kandang hanyalah selebar tubuhnya. Lantai dibuat miring sehingga begitu susah dia berdiri, hanya untuk memudahkan kita mengambil telurnya. Atau datanglah ke tempat penjagalan, maka anda akan mudah untuk menjadi vegetarian.

Jika anda tertarik menjadi vegetarian berikut ini tip-tip untuk memudahkan menjalaninya :

1. Cari resep-resep vegetarian yang sesuai untuk anda

Cobalah satu dalam seminggu. Jika anda tidak menyukai maka cari resep lain minggu depannya sampai anda menemuka yang cocok. Kebanyakan orang mempunyai 6 sampai 7 jenis masakan yang mereka gunakan secara rutin.

2. Mulai dengan daging sapi atau mamalia lain

Ini saran untuk transisi menjadi seorang vegetarian. Mulailah hindari daging sapi, jika sudah terbiasa kemudian hindari unggas, ikan dan seterusnya.

3. Cobalah makanan pengganti

Sekarang ini tersedia banyak jenis gluten yang tersedia di toko-toko bahan makanan vegetarian. Gluten adalah daging vegetarian yang dibuat dari tepung, jamur, rumput laut dan rempah-rempah lain sehingga rasanya tidak kalah dengan daging murni. Dengan demikian kita tetap dapat mengolah resep favorit kita dengan daging pengganti tersebut.

4. Katakanlah pada teman-teman, keluarga atau orang-orang yang anda sayangi

Jika mereka memahami apa yang telah anda putuskan, hal ini akan mebuat anda lebih mudan dan lebih senang menjalani. Anda akan dapat makan dengan mereka di rumah, di restoran, di kantor meski dengan menu yang berbeda.

Tetap sulit menjalani? Nggak perlu ekstrems dulu, cukup kalau biasanya makan telur tiap hari menjadi 3 kali seminggu, kalo biasanya makan daging 5 kali seminggu menjadi 2 kali seminggu dan seterusnya. Selamat berjuang.



DIAMBIL DARI BERBAGAI SUMBER

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar Anda !