Bollywood " menjajah" Hollywood

Sinematrografer dunia yang sudah melegenda Christopher Doyle pernah meramalkan kemajuan Industri film India di masa mendatang. Bollywood di ramalkan akan dapat memimpin peta perfilman dunia di masa mendatang. Ide - ide spektakuler kebanyakan akan berasal dari India. Selain itu Industri Film India diharapkan akan menjalin kerjasama dengan industri perfilman cina, korea selatan, dan thailand, sebagai kekuatan baru industri perfilman dunia.
Hal ini ternyata terbukti, Bollywood kini mulai mengembangkan sayapnya ke peta perfilman dunia. Selain itu banyak nama besar Hollywood yang menjalin kerjasama dengan Bollywood seperti Warner Bros, Fox, Sony Entertainment, Disney, Fortissimo, dll. Raksasa India juga mulai merambah peta perfilman Hollywood. Tahun 2008 kemarin telah dijalin kerjasama antara Reliance Big Entertainment dengan rumah produksi Stephen Spielberg " Dreamworks " yang sebelumnya telah lepas dari Paramount Pictures. Investasi sebesar US$1 MILYARD di Hollywood, diharapkan dapat membawa angin perubahan di dua industri film terbesar dunia ini. Reliance Big Entertainment beserta Dreamworks telah menandatangani kerjasama dengan rumah produksi aktor papan atas Hollywood seperti Nicolas Cage's Saturn Productions, Jim Carrey's JC Entertainment, George Clooney's Smokehouse Productions, Chris Columbus' 1492 Pictures, Tom Hanks' Playtone Production, Brad Pitt's Plan B Entertainment, and Jay Roach's Everyman Pictures.

Indiustri Hiburan India sendiri di tahun 2010 ini diperkirakan tumbuh mencapai US$ 2 milyard lebih, jauh dari Industri Hiburan China yang diprediksikan hanya tumbuh sebesar US$ 900 juta pada 2010 ini. Bukan tidak mungkin akan ada film " Slumdog Millionaire " lain di masa depan.

Layaknya pertumbuhan ekonomi India. Industri Perfilman India secara pelan tapi pasti mulai menunjukkan taringnya di peta perfilman dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar Anda !