Berburu Stasiun Televisi India

Sebagai penggemar Bollywood tentunya saya membutuhkan informasi dan Tayangan khas Bollywood terbaru seperti acara Infotainment Bollywood, Musik, dan Trailer Film Bollywood Terbaru. Kalau mengandalkan televisi nasional ataupun radio lokal, untuk saat sekarang sepertinya tidak mungkin bagi saya untuk mendapatkannya seperti dulu. Padahal dulu Gema Bollywood begitu membahana di TV - TV Nasional maupun Radio, paling tidak seminggu sekali ada yang menayangkan Acara Infotainment Bollywood. Jangankan Infotainment Bollywood, Film Bollywood sendiri sepertinya sudah tidak tayang lagi selain di TPI ataupun Indosiar. Kalau tayangpun, jam tayangnya terlalu malam, bayangkan saja acaranya baru disiarkan pukul 01.30 dini hari !!.

Untuk memuaskan hasrat saya akan Bollywood, akhirnya saya coba - coba hunting televisi televisi maupun radio - radio yang berasal dari India . Awalnya saya hanya mempunyai Radio SW yang saya beli dengan uang saku saya pada waktu masih SMP . Hari2 saya ditemani oleh All India Radio yang mengudara di beberapa frekuensi. Ada siaran Bahasa Indonesia juga pada waktu tertentu. Namun kualitas suara dan gelombang SW yang buruk,  membuat saya memutuskan untuk membeli perangkat televisi satelit ( parabola ). Awalnya saya awam sekali dengan dunia per-parabolaan, namun setelah saya mampir ke beberapa forum seperti ForumSatelit.com , hal itu dapat sedikit terpecahkan.

Maka perburuan dimulai. Kebetulan saya membeli peralatan parabola beserta penggeraknya ( actuatornya ), sehingga hal tersebut memungkinkan saya mendapatkan banyak satelit. Ya usaha saya ternyata tak sia - sia , ternyata banyak sekali Televisi - televisi dari India ataupun dari Pakistan yang bertaburan di satelit - satelit di atas bumi. di antaranya yang dapat ditangkap siarannya di indonesia :


- 9XM Music, Zing ( Music ) , ETC , ETC Punjabi , MH1 Music, PTC Punjabi , All India Radio ( FM Rainbow dll ), dan Ratusan Channel India baik yang FTA ( Free To Air ) maupun yang teracak di Asiasat 4
- B4U Music, B4U Music ,  Zing , Style 360 ( Channel Fashion Pakistan yang dalam waktu tertentu nayangin acara Planet Bollywood )
- DD National ,Music India, News 9 dan  9X News ( ChannelIndia berbahasa  Bahasa Inggris ) di Satelit Insat 4A
- ETC, ETC Punjabi , Joo Music di Satelit Thaicom 5
- Zoom (Channel E! - nya Bollywood  ), Ary Musik ( Channel Musik Pakistan ), Ary Digital  ,DD India, ET Now ( Channel Bisnis India Bahasa Inggris) di Satelit Intelsat 10

dan ratusan channel India baik yang berbahasa tamil, urdu, gujarat dll yang tersebar di bebagai satelit.


Info frekuensi selengkapnya kunjungi saja : India's FTA Channels